9 Cara Belajar yang Efektif dan Efisien

Sering kali kita susah sekali untuk bisa belajar dengan fokus. Tidak heran banyak yang mencari cara untuk bisa belajar secara efektif dan efisien tanpa adanya distraksi. Artikel ini akan menunjukkan 9 Cara Belajar yang Efektif dan Efisien.

9 Cara Belajar yang Efektif dan Efisien
Cara Belajar yang Efektif dan Efisien

Belajar adalah salah satu hal terpenting yang harus terus dilakukan oleh setiap manusia. Dengan belajar, kita bisa terus beradaptasi dengan perubahan zaman. Apalagi dengan perkembangan ilmu teknologi yang sangat cepat. Banyak orang belajar karena mereka ingin bisa atau menguasai sesuatu. Namun, kebanyakan dari mereka tidak tahu bagaimana cara belajar yang efektif. Kali ini, kami akan berbagi 9 Cara Belajar yang Efektif yang bisa kamu terapkan dalam kegiatan belajarmu.

Belajar Bagaimana Cara Belajar yang Efektif

Terdengar membingungkan? Ya, belajar itu ada caranya! Ada kiat-kiat yang perlu kita terapkan agar kegiatan belajar kita lebih efektif dan efisien. Diperlukan strategi belajar agar kita mendapatkan hasil yang maksimal dari kegiatan belajar kita.

Tidak sedikit orang yang mengalami kesulitan dalam belajar. Mereka sering mengeluhkan tidak bisa fokus, tidak bisa konsentrasi, terlalu banyak distraksi dan sebagainya. Atau, ada juga yang merasa sudah fokus, namun apa yang dipelajari tidak masuk ke otak. Beberapa menit setelah belajar, lupa lagi dengan apa yang telah dipelajari.

Kalau kamu mengalami hal semacam ini, merasa sulit untuk belajar. Bisa jadi, ada yang salah dengan cara belajar kamu. Itu sebabnya, penting untuk belajar bagaimana cara belajar. Pada artikel ini, akan kita bahas bagaimana cara belajar yang efektif dan efisien. Kita akan belajar bagaimana cara belajar.

“Tujuan hidup kita memang bukan hanya tentang belajar dan belajar. Tetapi kalau itu saja tidak bisa kita peroleh, lalu apa yang akan kita capai?”

“Pendidikan bukan hanya persoalan ke sekolah dan kampus, lalu mendaptkan ijazah. Tapi, soal memperluas wawasan serta menyerap ilmu kehidupan.”

Cara Belajar yang Efektif dan Efisien

Langsung saja, kali ini kita akan membahas bagaimana cara belajar yang efektif dan efisien. Lebih tepatnya, 9 cara belajar yang efketif dan efisien. 9 cara ini bisa kamu praktekan dalam kegiatan belajarmu. Semoga cara ini bisa bermanfaat, dan kamu bisa menguasai apa yang sedang kamu pelajari sekarang.

1. Ciptakan suasana belajar yang nyaman

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah, bagaimana kamu bisa menciptakan suasana belajar yang benar-benar nyaman untuk belajar. Ada banyak cara untuk menciptakan suasana nyaman ini. Dan tentu saja, setiap orang mungkin memiliki kriteria sendiri tentang suasana yang nyaman ini.

Beberapa cara di bawah ini, mungkin akan membantu kamu dalam menciptakan suasana nyaman, dan bisa membuat mood belajar kamu muncul:

  • Belajar sambil mendengarkan musik yang membuat otak lebih fokus dan rileks.
  • Mencari tempat belajar yang nyaman seperti di taman atau di pinggir danau.
  • Keadaan udara yang sejuk, tidak panas dan juga tidak terlalu dingin.
  • Suasana sunyi dan tenang, misalnya tengah malam atau dini hari.

2. Hindari distraksi

Setelah mendapatkan suasana belajar yang senyaman mungkin, selanjutnya kita berhadapan dengan distraksi atau gangguan. Distraksi adalah hal yang paling sering menjadi kendala dalam belajar. Tidak hanya belajar, bahkan juga dalam pekerjaan, distraksi sering sekali terjadi.

Untuk bisa menghindari distraksi yang mungkin terjadi, cara-cara di bawah ini mungkin bisa kamu lakukan.

  • Belajar tengah malam atau dini hari saat orang-orang sudah tidur.
  • Matikan hp, laptop dan gadget lain saat sedang belajar.
  • Jika belajar di laptop, tutup semua program dan tab browser selain media belajar. Misal tab sosial media.
  • Beri tahu ke orang di sekitar kamu, bahwa kamu butuh waktu sekian jam untuk tidak diganggu.

3. Pahami, bukan menghafal

Teori hafalan sudah lama diterapkan di metode belajar kita orang Indonesia. Mulai dari siswa sekolah atapun mahasiswa, ketika ingin menghadapi ujian yang dilakukan dalam belajar adalah menghafal. Sebenarnya tidak salah, hanya saja kurang efektif. Untuk lebih efektifnya, cobalah untuk memahami teorinya. Dengan begitu, kita akan dengan sendirinya mudah mengingatnya. Kalau Anda masih belajar dengan metode menghafal, sangat disarankan untuk pindah ke metode memahami materi.

4. Ambil poin utama, dan Catat

Ya, catatlah pokok-pokok pembelajaran. Kenapa? Karena kalau kamu membaca sebuah buku, maka akan butuh waktu yang sangat lama untuk menyelesaikannya. Ambilah intisari dari pelajar tersebut, kemudian catat dengan bahasa kamu sendiri. Hal ini akan membuat kamu lebih mudah dalam mengingat dan juga mudah untuk memahami inti dari pembelajaran tersebut. Karena dengan begitu, kamu berarti sudah belajar dengan membaca, menuliskanna, dan mengambil kesimpulan dari poin-poin utama yang kamu pelajari.

5. Practice makes perfect

Belajar sambil praktek adalah hal yang sangat efektif. Ya, cara belajar ini juga akan membuat kamu tidak merasa bosan. Misalnya, pelajaran IPA seperti Botani atau Avertebrata, kita bisa belajar sambil mengamati tumbuh-tumbuhan, hewan atau apapun. Dengan begitu, kita bisa membuat kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan.

6. Sebentar, tapi konsisten

Dengan belajar secara rutin dan konsisten, kita akan semakin mudah dalam mengingat hal-hal yang sudah kita pelajari. Yang perlu kamu catat adalah, “belajar konsisten” bukan “terlalu lama belajar”. Seperti belajar saat pagi 45 menit, siang 25 menit, sore 50 menit, malam 1 jam. Cara ini sangat efetif dan pikiran juga akan tetap dalam keadaan rileks dari pada harus belajar terlalu lama.

7. Ciptakan singkatan

Coba buatlah singkatan dari poin-poin yang telah kamu pelajari. Dengan menciptakan singkatan kita akan lebih mudah dalam mengingat poin-poin yang telah kita pelajari. Sebagai contoh, ketika kamu belajar tentang digital marketing, ada yang begitu terkenal tentang singkatan AIDA, yang merupakan singkatan dari Attention, Interest, Desire, Action.

8. Ciptakan perumpamaan yang mudah diingat

Atau bisa juga kita membuat perumpamaan yang mudah diingat. Seperti misalnya ketika kita belajar bahasa Inggris. Ada kata, “Dewi Ayu tidak suka Es”, dimana itu sebenarnya, pernyataan bahwa “They, We, Are, You tidak pakai tambahan huruf S atau ES dalam simple present tense”.

9. Belajar efektif dengan belajar bersama

Metode belajar bersama atau belajar kelompok sering di katakan metode yang paling efektif. Karena dalam suasana belajar berkelompok, biasanya suasana akan lebih santai. Sehingga otak menjadi lebih rileks menerima pelajaran yang akan di serap. Selain itu, hal-hal yang belum paham akan lebih mudah di selesaikan dengan bekerja sama, atau bertanya kepada teman yang sudah paham.

Kesimpulan Cara Belajar yang Efektif

“Jika kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan”
Imam Syafi’i

Belajar memang kegiatan yang melelahkan. Bayangkan saja, sejak lahir ke dunia ini kita sudah dituntut untuk belajar. Namun bagaimanapun, belajar adalah sebuah keharusan untuk dilakukan sepanjang hidup kita. Tentu saja, belajar tidak hanya ketika di bangku sekolah atau kuliah. Kita bisa belajar kapanpun dan dimanapun.

Ketika mau merasa lelah dalam belajar, atau kamu merasa apa yang kamu pelajari susah untuk dipahami, cobalah mencari cara-cara baru dalam belajar. Karena sekeras-kerasnya batu saja bisa berlubang saat terkena air terus menerus, begitupun otak kita akan mampu memahami pelajaran jika kita belajar terus menerus dengan metode yang benar dan sungguh-sungguh.