Keutamaan dan Niat Puasa Senin Kamis

Puasa Senin-Kamis adalah salah satu amalan puasa sunnah yang bisa dikerjakan oleh umat Islam di luar bulan Ramadhan. Lalu, kenapa dianjurkan untuk puasa sunnah Senin-Kamis? Dan bagaimana niat puasa Senin-Kamis?

Keutamaan dan Niat Puasa Senin Kamis
Keutamaan dan Niat Puasa Senin Kamis

Seperti namanya, puasa ini dilaksanakan setiap hari Senin dan Kamis di setiap pekannya. Bagi kebanyakan orang, terutama para pekerja kantoran dan pelajar, hari senin adalah hari yang menjenuhkan, hari yang berat. Bagaimana tidak, setelah libur akhir pekan, kita harus kembali menjalani rutinitas bekerja dan belajar.

Namun, tidak demikian dengan Nabi Agung Muhammad SAW. Bagi Rasulullah, hari Senin adalah hari yang istimewa. Dan buat saya, hari senin juga hari yang istimewa. Kenapa?

Alasan Puasa Sunnah di hari Senin

Sebuah hadits menyebutkan, bahwa salah satu alasan kenapa Nabi Agung Muhammad berpuasa di hari Senin adalah karena belau dilahirkan di hari senin.


عَنْ اَبِيْ قَتَادَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ  اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى الله عَلَيهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ اْلِاثْنَيْنِ ؟ فَقاَلَ ذَلِكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيْهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ اَوْ اٌنْزلَ عَلَيَّ فِيْهِ


Dari Abu Qatâdah Radhiyallahu anhu , sesungguhnya Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya tentang puasa Senin, maka beliau menjawab: “Hari Senin adalah hari lahirku, hari aku mulai diutus, atau hari mulai diturunkannya wahyu”. [HR Muslim].

Alasan Puasa Sunnah di hari Senin-Kamis

Lalu bagaimana dengan hari Kamis? Ngga mungkin dong Nabi Muhammad lahir di hari Kamis juga? Kutipan hadist oleh Syekh Abu Zakariya Al-Anshori berikut ini dalam karyanya Fathul Wahhab setidaknya membantu menjawab kenapa kita dianjurkan untuk puasa sunnah Senin-Kamis.

وقال تعرض الأعمال يوم الاثنين والخميس فأحب أن يعرض عملي وأنا صائم رواهما الترمذي وغيره


Rasulullah SAW bersabda, “Amal itu diperlihatkan di hadapan Allah pada hari Senin dan hari Kamis. Aku gembira sekali amalku diperlihatkan di saat aku sedang berpuasa.” [HR Turmudzi].

Mengenai jam berapa amal itu diperlihatkan, tidak ditemukan keterangan waktu pada hadits di atas. Apakah jam 8 pagi, jam 10, atau waktu Zhuhur.

Namun, Syekh Bujairimi dalam karyanya Attajrid Linaf‘il Abid, Hasyiyah ala Fathil Wahhab mengatakan, Ungkapan “Di saat aku sedang berpuasa” maksudnya, berdekatan dengan aktivitas puasa. Karena, amal perbuatan diperlihatkan selepas matahari terbenam saat orang sudah membatalkan puasanya.

Tata Cara Puasa Sunnah Senin Kamis

Cara puasa senin dan kamis pada dasarnya sama dengan puasa pada umumnya. Tapi, puasa di hari Senin adalah amalan tersendiri, demikian pula puasa pada hari Kamis. Sehingga, Rasulullah SAW tidak mensyaratkan puasa harus dilakukan pada Senin dan Kamis dan tidak boleh melewatkan salah satu hari tersebut.

Niat Puasa Sunnah Senin

Di bawah ini adalah bacaan niat puasa sunnah pada hari Senin, lengkap dengan teks Arab, latin dan terjemahan niat puasa senin bahasa Indonesia.

 

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

 
Arab latin: Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta'ala

Artinya: "Saya niat puasa sunnah hari Senin, sunnah karena Allah Taala."

Niat Puasa Sunnah Kamis

Di bawah ini adalah bacaan niat puasa sunnah pada hari Kamis, lengkap dengan teks Arab, latin dan terjemahan niat puasa kamis bahasa Indonesia.
 

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى


Arab latin: Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi ta'ala

Artinya: "Saya niat puasa sunnah hari Kamis, sunnah karena Allah Taala."