PPRO Raih Dana Rp1,6 Triliun dari Pemegang Saham

PT PP Properti Tbk (PPRO) baru saja mendapatkan dana senilai Rp1,6 triliun dari pemegang sahamnya yaitu PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk (PTPP).

PPRO Raih Dana Rp1,6 Triliun dari Pemegang Saham
Analisa Saham PPRO

Dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Manajemen PPRO menjelaskan dana tersebut adalah pinjaman. Pinjaman tersebut kabarnya akan dikenakan bunga sebesar 9,5% per tahun dan bersifat non-revolving. Tenor dari pinjaman ini sendiri disepakati selama 36 bulan.

Nilai dari pinjaman yang diberikan adalah 35,25% dari total ekuitas perseroan per 30 September 2020. “Dengan demikian transaksi yang dilakukan oleh perseroan merupakan transaksi material sesuai dengan ketentuan POJK 17/2020,” ungkap Manajemen PPRO.

Sebagai catatan, PTPP adalah pemegang saham pengendali PPRO per Jumat (22/1) kemarin. Dengan persentase kepemilikan saham 64,96%. Sebanyak 34,97% saham lainnya dimiliki oleh investor publik, dan 0,07% sisanya dimiliki oleh YKK Pembangunan Perumahan.

PTPP sendiri merupakan emiten yang dimiliki Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sebanyak 51% saham PTPP per 30 September 2020 merupakan saham Seri A Dwiwarna Pemerintah RI.