6 Bahan Alami Untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

Menjaga daya tahan tubuh merupakan hal yang wajib kita lakukan, apalagi di tengah pandemi Covid-19. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, kita tidak mudah terserang penyakit. 6 Bahan di bawah ini akan membantu Anda dalam menjaga daya tahan tubuh.

6 Bahan Alami Untuk Jaga Daya Tahan Tubuh
Bahan Alami Untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

Tidak sedikit orang yang mengonsumsi vitamin atau suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh mereka. Namun, selain mengonsumsi vitamin atau suplemen, kita juga bisa menjaga daya tahan tubuh dengan mengatur pola makan dengan mengonsumsi makanan sehat. Salah satunya dengan cara mengonsumi 6 bahan alami yang akan kita bahas di bawah ini.

Bahan Alami Untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

Menggunakan bahan alami untuk menjaga daya tahan tubuh memiliki banyak keunggulan. Tentu saja, karena kita menggunakan bahan makanan yang alami. Berbeda ketika kita mengonsumsi suplemen misalnya. Bisa jadi suplemen tersebut mengandung bahan-bahan yang sebenarnya tidak terlalu bagus untuk tubuh. Misalnya bahan pengawet.

Nah, berikut ini adalah enam bahan makanan yang dipercaya ampuh untuk menjaga daya tahan tubuh.

1. Jambu Biji

Mungkin banyak yang mengira, bahwa buah yang memiliki kandungan vitamin C paling tinggi adalah buah jeruk. Tapi faktanya, jambu biji ternyata memiliki kandungan vitamin C dan anti oksidan lebih tinggi dari buah-buahan lainnya.

Vitamin C membantu memproduksi sel darah putih. Dimana sel darah putih ini merupakan sel tubuh yang melawan penyakit. Anda bisa mencegah risiko terserang flu, atau infeksi lainnya dengan mengonsumsi lebih banyak vitamin C. Beberapa makanan yang kaya vitamin C adalah jeruk, kiwi, lemon, anggur, dan masih banyak lagi.

2. Teh

Teh juga baik untuk kesehatan kita. Selain itu, teh juga apat meningkatkan kekebalan untuk membantu melawan infeksi. Teh juga kaya akan rasa. Ini adalah cara enak untuk memulai pagi Anda dengan secangkir teh. Bahkan, teh juga dapat digunakan untuk program diet.

Untuk kekebalan yang lebih baik adalah teh hijau, teh hitam, teh jahe, teh kayu manis, teh kunyit, atau teh camomile.

3. Kunyit

Bahan yang satu ini lebih dikenal sebagai bumbu masakan. Namun, karena manfaatnya, kunyit bisa dibilang adalah bumbu yang ajaib. Ini karena kunyit sarat dengan khasiat obat. Kunyit dapat membantu meningkatkan kekebalan. Kunyit juga mengandung banyak anti-inflamasi.

Anda bisa menambahkan kunyit ke dalam makanan Anda dan menyiapkan teh kunyit untuk hasil yang lebih baik. Kunyit segar sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda. Atau jika tidak mau repot, sekarang juga banyak beredar minuman dengan kandungan kunyit.

4. Yoghurt

Yogurt bisa menjadi pilihan sehat lainnya, yang dapat digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Probiotik yang ada dalam yogurt membantu melawan infeksi. Kita bisa makan yogurt setiap hari. Tambahkan beberapa buah segar ke yogurt untuk meningkatkan rasanya.

Namun yang perlu menjadi perhatian, hindari makan yogurt dengan rasa atau yang mengandung lemak tinggi.

5. Kayu Manis

Sama dengan kunyit, kayu manis adalah bumbu luar biasa yang menambah rasa ekstra pada masakan Anda. Kayu manis dapat membantu mengelola diabetes, PCOD, infeksi, dan kesehatan jantung. Itu juga dapat meningkatkan penurunan berat badan. Tambahkan kayu manis ke dalam makanan Anda dan perkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

6. Jahe

Tanaman herbal asli Tiongkok ini mengandung zat yang ampuh menangkal berbagai virus loh! Bahan alami untuk meningkatkan daya tubuh ini memiliki properti antibakteri dan antimikroba untuk membantu tubuh melawan infeksi dan virus seperti flu dan batuk.

Jika dikonsumsi secara rutin, jahe juga sanggup melawan efek penuaan dan meningkatkan aktivitas otak. Jahe dapat digunakan dalam bentuk akar, bubuk, maupun suplemen.

Gunakan Bahan Alami untuk Kekebalan Tubuh

Nah, itu dia 6 bahan alami untuk kekebalan tubuh. Tentu masih banyak bahan alami yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita dari serangan berbagai penyakit dan virus. Jika Anda mengetahuinya, silakan komentar ya...