Jokowi Disuntik Vaksin Hari Rabu

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menegaskan, bahwa vaksinasi akan dilakukan pekan ini. Dan, Presiden Jokowi akan disuntik vaksin pada hari Rabu (13/1/2021) lusa.

Jokowi Disuntik Vaksin Hari Rabu

Presiden Jokowi dikabarkan akan divaksin covid-19 pada hari Rabu tanggal 13 Januari 2021. Hal ini disampaikan oleih Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin.

"InsyaAllah bapak ibu, kita akan mulai di hari Rabu. Dan dimulai oleh bapak presiden," katanya seusai rapat bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Budi menyebut bahwa berita baik soal vaksin COVID-19 sudah keluar dari MUI. Vaksin corona sudah dinyatakan suci dan halal.

Menurut Menkes, berita baik dari BPOM juga akan menyusul soal efektivitas vaksin. Namun dia menegaskan bahwa pemerintah tidak mengintervensi kerja BPOM.

"Insyallah berita BPOM juga bisa segera menyusul karena kita tidak mungkin, saya ulangi sekali lagi pemerintah tidak akan mendahului persetujuan dari BPOM. Karena BPOM adalah badan independen yang secara scientific berhak apakah vaksin ini layak atau tidak. Jadi sama sekali kita tidak akan melakukan vaksinasi sebelum memang approval dari BPOM itu keluar," katanya.

Lebih lanjut terkait kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI), Menkes mengatakan tengah menampung masukan itu. Menurutnya, dia akan menjelaskannya begitu keterangan resmi dibuat. "Kita berusaha dengan bantuan Pak Menko akan sesegera mungkin memberikan penjelasan begitu nanti keputusannya sudah resmi akan dibuat. Tapi kita sudah mendengarkan masukan tentang KIPI," katanya.