Ansu Fati Cetak Rekor Lagi, Ini Daftarnya

Ansu Fati terus mencetak rekor dalam kariernya. Di usianya yang masih sangat muda, Ansu Fati diprediksi akan lebih banyak mencatatkan rekor demi rekor baru di dalam karir sepak bolanya. Apa saja rekor yang diraih Ansu Fati?

Ansu Fati Cetak Rekor Lagi, Ini Daftarnya
Ansu Fati

La Masia yang merupakan akademi sepakbola milik Barcelona dikenal telah melahirkan banyak pesepak bola hebat. Sebut saja Xavi, Iniesta, Fabregas, dan yang fenomenal, Lionel Messi. La Masia seolah tidak pernah kehabisan talenta. Kini muncul sosok muda Ansu Fati.

Profil Ansu Fati

Ansu Fati terlahir dari keluarga pesepakbola. Ayahnya Bori merupakan pemain di beberapa klub di kasta rendah liga Portugal. Sementara dua kakaknya, Braima dan Miguel lebih dahulu menjadi pemain bola.

Fati pindah ke Spanyol saat berusia 6 tahun. Dan akhirnya menetap di Herrera, Sevilla. Penyerang Barcelona itu pindah ke Herrera karena kakaknya bermain di Sevilla.

Yang menarik, ayah Fati justru tidak tahu jika Fati memiliki kualitas untuk mengikuti jejak kedua kakaknya menjadi pemain sepakbola. Bori baru tahu kalau Fati memiliki kemampuan bermain bola dari sejumlah orang.

Sampai pada akhirnya Direktur Akademi Sevilla, Pablo Blanco, membawa Fati dan kakaknya Braima bermain di akademi Sevilla.

Tidak lama setelah itu, Fati menarik perhatian dua klub raksasa Liga Spanyol, siapa lagi kalau bukan Barcelona dan Real Madrid.

Madrid menawarkan proposal yang lebih dibanding Barcelona. Namun, Barcelona bergerak lebih cepat dengan langsung menawarkan kontrak kepada Fati. Pada usia 10 tahun, Fati bergabung dengan La Masia. Sampai pada akhirnya menandatangani klausul pelepasan 100 juta euro pada 2019.

Daftar Rekor Ansu Fati

Fati berhasil masuk ke skuad utama Barcelona pada usia 16 tahun. Ketika itu Lionel Messi, Luis Suarez, dan Ousmane Dembele sedang cedera.

Pada saat itu juga, sejumlah rekor langsung dicatatkan Ansu Fati dan membuat namanya menjadi fenonemal di Camp Nou.

Fati tercatat sebagai pemain termuda kedua yang tampil untuk Barcelona setelah Vicente Martinez pada musim 1941/1942.

Ketika membobol gawang Osasuna pada Agustus 2019, ia menjadi pencetak gol termuda Blaugrana (16 tahun 10 bulan) dan juga pencetak gol termuda kedua di La Liga.

Pada musim 2018/2019, Fati jadi bintang kemenangan 5-2 Barcelona atas Madrid di putaran kedua La Liga.

Rekor Fati tidak berhenti sampai di klub. Yang terbaru, ketika dipercaya Luis Enrique di timnas Spanyol, Fati melanjutkan rekor tersebut.

Gol ke gawang Ukraina di UEFA Nations League menjadikan Fati sebagai pencetak rekor termuda La Roja dengan usia 17 tahun 311 hari. Fati mematahkan rekor tersebut yang bertahan selama 95 tahun.