Israel Umumkan Status Darurat Covid-19 di Seluruh Rumah Sakit

Pasien covid-19 melonjak tajam, Israel akhirnya mengumumkan status darurat covid-19 kepada seluruh kepala rumah sakit di Israel. Israel darurat covid pun sepertinya benar-benar akan bertambah dalam beberapa hari kedepan.

Israel Umumkan Status Darurat Covid-19 di Seluruh Rumah Sakit
Israel Darurat Covid-19

Setelah terjadi lonjakan kasus virus Corona atau Covid-19, Israel akhirnya menyatakan status darurat di seluruh rumah sakit miliknya. Sebagaimana dilansir Xinhua, Selasa (22/9/2020), hal itu dinyatakan Kementerian Kesehatan Israel, Senin (21/9/2020) waktu setempat.

Dalam surat tersebut, Dirjen Kementerian Kesehatan Israel Hezi Levi memperingatkan, bahwa sistem kesehatan Israel diprediksi akan melebih batas kapasitas dalam hitungan pekan, atau bahkan beberapa hari ke depan.

Dalam 10 hari, diperkirakan akan ada tambahan 200 hingga 300 pasien covid-19 dalam kondisi serius, termasuk yang menggunakan ventilator.

Pada Senin, jumlah pasien kritis Covid-19 di Israel mencapai rekor 651 orang, dari 1.348 pasien rawat inap saat ini.

"Seperti dalam kondisi darurat, saya berharap manajemen rumah sakit terlibat dalam upaya nasional untuk mengatasi beban morbiditas,"

Levi juga mengumumkan pembentukan markas operasi nasional, yang akan beroperasi selama 24 jam penuh, untuk mengawasi aktivitas Covid-19 di seluruh rumah sakit serta memberikan solusi bagi masalah yang dihadapi mereka.

Sebelumnya, pemerintah Israel menyepakati penerapan lockdown ketat selama 2 pekan untuk mencegah gelombang kedua penyebaran Covid-19.