Paul Pogba Pensiun dari Timnas Prancis?

Paul Pogba dikabarkan keluar dan pensiun dari timnas Prancis. Keputusan itu menyusul komentar rasial yang dikeluarkan oleh Presiden Prancis, Emmanuel Macron. Benarkah demikian? Ini faktanya

Paul Pogba Pensiun dari Timnas Prancis?
Paul Pogba

Kabar Pogba yang memutuskan pensiun dari Timnas Prancis beredar di berbagai situs berita. Keputusan itu dikabarkan karena Pogba kecewa dengan komentar Presiden Prancis, Emmanuel Macron.

Komentar Rasis Macron

Komentar bernada rasis dilontarkan Presiden Prancis Emmanuel Macron, yang mengatakan bahwa pembunuhan guru bahasa Prancis, Samuel Paty, merupakan serangan teroris Islam.

Belum lama ini, Paty, 47 tahun, diserang saat dalam perjalanan pulang dari sekolah menengah pertama tempat dia mengajar di Conflans-Sainte-Honorine, 40 kilometer barat laut kota Paris. Paty meninggal karena epalanya dipenggal.

Paty kemudian dianugerahi Legiun Prancis d'honneur, sebuah tanda jasa tertinggi dari negara Prancis sebagai pengakuan bahwa dia meninggal karena mencoba menjelaskan pentingnya kebebasan berbicara.

Kemudian Presiden Macron menggambarkan kasus guru Prancis tewas dipenggal itu sebagai serangan teroris Islam. Ia kemudian menyampaikan: "Persatuan dan ketegasan adalah satu-satunya jawaban atas kejahatan terorisme Islam."

Keputusan pemerintah Prancis untuk menghormati guru yang menerbitkan gambar-gambar menyinggung Nabi Muhammad, juga disebut sebagai pemicu di balik keputusan Pogba.

Tanggapan Pogba Terkait Dirinya Pensiun

Beberapa jam setelah viral berita yang mengabarkan kalau Pogba keluar dari Timnas Prancis, Pogba pun akhirnya menanggapi berita tersebut melalui akun Instagram nya.

Dalam unggahannya itu, Pogba melampirkan gambar judul berita soal dirinya dengan tulisan 'Tidak diterima. Berita palsu'.

Pogba juga menambahkan caption bertuliskan bahwa dirinya tidak pernah mengatakan akan keluar dari timnas Prancis.

Bahkan, gelandang peraih Piala Dunia 2018 bersama timnas Prancis itu mengaku akan menuntut The Sun ke ranah hukum. Selain itu, Pogba juga menyebut tindakan The Sun merupakan perilaku yang memalukan.

View this post on Instagram

So The Sun did it again... absolutely 100% unfounded news about me are going around, stating things I have never said or thought. I am appalled, angry, shocked and frustrated some “media” sources use me to make total fake headlines in the sensible subject of French current events and adding my religion and the French National Team to the pot. I am against any and all forms of terror and violence. My religion is one of peace and love and must be respected. Unfortunately, some press people don’t act responsibly when writing the news, abusing their press freedom, not verifying if what they write/reproduce is true, creating a gossip chain without caring it affects people’s lives and my life. I am taking legal action against the publishers and spreaders of these 100% Fake News. In a quick shout out to The Sun, who normally could not care less: some of you guys probably went to school and will remember how your teacher said to always check your sources, don’t write without making sure. But hey, seems you did it again and on a very serious topic this time, shame on you! #fakenews #AllezLesBleus @equipedefrance

A post shared by Paul Labile Pogba (@paulpogba) on

"Jadi The Sun melakukannya lagi... benar-benar 100 persen berita yang tidak berdasar tentang saya beredar, menyatakan hal-hal yang tidak pernah saya katakan atau pikirkan," begitu kutipan caption di Instagram Pogba.

"Saya terkejut, marah, dan frustrasi beberapa sumber 'media' menggunakan nama saya dan tim nasional Prancis untuk membuat headline palsu tentang peristiwa yang terjadi di Prancis saat ini."

"Saya menentang segala bentuk teror dan kekerasan."

"Sayangnya, beberapa orang pers tidak bertindak secara bertanggung jawab saat menulis berita, menyalahgunakan kebebasan pers mereka, tidak memverifikasi apakah yang mereka tulis itu benar, menciptakan rantai gosip tanpa peduli hal itu memengaruhi kehidupan orang dan kehidupan saya."

"Saya akan mengambil tindakan hukum terhadap penerbit dan penyebar berita palsu ini."

"Sedikit pesan singkat kepada The Sun, yang biasanya tidak peduli, beberapa dari kalian mungkin pergi ke sekolah dan akan ingat bagaimana guru Anda mengatakan untuk selalu memeriksa sumber informasi Anda, jangan menulis tanpa memastikan kevalidan informasi."

"Akan tetapi, hei, sepertinya Anda melakukannya lagi dan kali ini dalam topik yang sangat serius, Anda memalukan!" tulis Pogba mengakhiri.