6+ Rekomendasi Website Freelance Indonesia

Apakah kamu seorang freelancer? Website freelance mana saja yang sudah kamu coba? Di artikel 20+ Rekomendasi Website Freelance ini, kamu mungkin akan menemukan website baru untuk mendapatkan project freelance kamu.

6+ Rekomendasi Website Freelance Indonesia
Website Freelance

Perkembangan teknologi yang begitu pesat saat ini membuat banyak pekerjaan baru yang lahir. Mulai dari transportasi online, konsultasi dokter online, sampai pekerjaan freelance yang tidak menuntut pekerja untuk datang ke kantor.

Disini kita tidak akan mebahas banyak tentang arti freelance, atau bagaimana cara menjadi freelancer yang sukses. Untuk itu, buat kamu yang masih belum familiar dengan instilah freelance ini, bisa baca-baca artikel kami tentang freelance.

Rekomendasi Website Freelancer di Indonesia

Setelah mengetahui banyak tentang dunia freelance, selanjutnya adalah bagaimana kamu bisa mendapatkan banyak project. Ada beberapa situs freelance yang bisa kamu coba. Beberapa situs freelance yang bisa kamu coba antara lain sebagai berikut:

1. Upwork

Website buat para freelancer Indonesia yang pertama adalah Upwork. Website asal Amerika ini merupakan website freelancer dengan teknologi cloud yang memiliki jumlah klien dan freelancer salah satu yang terbesar di dunia. 

Website Upwork menawarkan beberapa jasa atau pekerjaan. Mulai dari customer service, pembuatan website, pembuatan aplikasi, akuntansi, pemasaran, jasa desain grafis, hingga penulisan.

Sebagai salah satu market leader, Upwork memiliki teknologi keamanan yang dapat mendeteksi apakah klien melakukan penipuan atau tidak. Selain itu, kita akan dikenakan komisi oleh Upwork untuk setiap pekerjaan yang ditawarkan oleh situs ini. Untuk permulaan kamu bisa mencoba mendaftar sebagai free member.

2. Freelancer

Freelancer mencoba memfasilitasi pebisnis yang membutuhkan pekerja dengan para freelancer. Sebagai freelancer, kamu bisa mengambil beberapa penawaran sekaligus di website ini.

Cara kerjanya, pemilik proyek akan menelusuri profil para freelancer yang terdaftar di website Freelancer. Kemudian mereka akan memilih yang sesuai dengan kriteria yang mereka tentukan.

Jika kamu ingin mulai mencari pekerjaan di Freelancer, pastikan kamu telah melengkapi halaman profil dengan benar, dan portofolio yang menarik tentunya.

Dari segi keamanan, Freelancer memiliki kebijakan, setiap member yang mendaftar akun sebagai pemilik instansi maupun calon pelamar kerja harus memenuhi data secara lengkap dan valid sesuai kenyataan.

Freelancer juga memiliki halaman Pameran yang diperuntukkan khusus buat kamu para freelancer yang ingin “pamer” karya sebagai daya tarik bagi pemberi pekerjaan.

3. Sribulancer

Sribulancer diluncurkan pada September 2014 lalu, merupakan website job marketplace untuk freelancer terutama dari Indonesia.  Di Sribulancer ada banyak variasi lowongan pekerjaan yang luas. Mulai dari desain web, desain grafis, pemrograman, penulis artikel, penerjemah dan masih banyak lagi.

Sribulancer mengklaim, mereka telah memiliki lebih dari 18.800 freelancer terdaftar, dengan lebih dari 770 proyek yang diapply oleh berbagai perusahaan dan individu.

Beberapa jenis pekerjaan yang bisa ditemukan di Sribulancer terdapat dalam 8 kategori, antara lain:

  • Website dan Pengembangan
  • Pengembangan Aplikasi Mobile
  • Penulisan
  • Desain dan Multimedia
  • Bisnis dan Pemasaran Online
  • Entri Data
  • Penerjemahan
  • Konsultasi Hukum

Kelebihan dari Sribulancer adalah mereka cukup nyaman digunakan di Indonesia, terutama dari segi pembayaran yang menggunakan transfer bank. Ini tentu cukup memudahkan, mengingat kebiasaan orang Indonesia lebih sering pakai transfer bank daripada kartu kredit atau PayPal.

Jika kamu telah menyelesaikan pekerjaan disini, kamu dapat mencairkan fee yang kamu miliki kapan pun atau sesuai tanggal cut off yang telah ditentukan.

Pembayaran ini akan dikirimkan melalui rekening aktif yang telah kamu daftarkan sebelumnya.

Sribulancer mengenakan biaya komisi 10 persen dari total penawaran yang diterima freelancer. Sebagai informasi, biaya transaksi pengiriman komisi dari Sribulancer akan ditanggung oleh freelancer terkait.

4. Fastwork

Fastwork merupakan situs untuk mencari freelance dari berbagai industri kreatif yang terbilang baru. Walaupun masih baru, disini kamu sudah bisa  membuat akun dan mencari pekerjaan freelance yang sesuai dengan keahlian kamu.

Pemberi maupun pencari kerja di Fastwork tidak dikenakan biaya tambahan dalam menggunakan fasilitas dari Fastwork. Namun, freelancer akan mendapat fee yang telah dipotong 17% sebagai biaya layanan.

Jika fee yang didapatkan dikenakan pajak oleh pemberi pekerjaan, maka jasa layanan akan dihitung dari 97 persen yang diterima oleh freelancer.

Fastwork bekerja sama dengan berbagai perusahaan kecil menengah dan bisnis startup yang akan menjadi calon pelanggan kamu.

5. Projects

Projects.co.id termasuk website freelancer yang paling populer di Indonesia. Disini kamu bisa menemukan begitu banyak pekerjaan freelance dari berbagai jenis bidang seperti programming, desain, media sosial, atau tulis menulis.

Tidak hanya itu, di Projects.co.id kita juga bisa bertransaksi menjual produk. Biasanya produk yang dijual adalah produk-produk digital seperti ebook dan template website.

Projects.co.id juga punya program Affiliate Referral yang memberikan komisi ke kamu kalau ada orang mendaftar dan melakukan transaksi melalui link yang kamu berikan.

6. Sribu

Sribu masih satu manajemen dengan Sribulancer. Perbedaannya, Sribu hanya fokus pada freelance desain grafis. Jadi, website ini sangat cocok buat kamu para desainer.

Proyek yang ditemukan di Sribu sangat beragam. Mulai dari sekadar desain logo sampai interior semua ada. Namun fitur yang paling diunggulkan adalah, adanya sistem kontes untuk memasukkan karya desainer ke pemilik proyek. Dari kontes inilah kamu sangat bisa untuk menambah portofolio.