Spesifikasi PS5 dan Xbox Series X Tidak Sesuai Iklan

Dunia game sedang hangat membicarakan peluncuran PS5 dan Xbox Series X. Fitur dan spesifikasi canggih dari dua console ini dijanjikan hadir dalam iklan-iklan mereka. Namun ternyata, spesifikasi PS5 dan Xbox Series X ternyata tidak seindah yang diiklankan.

Spesifikasi PS5 dan Xbox Series X Tidak Sesuai Iklan
PS5 vs Xbox Series X

Menjelang dimulainya pemasaran PlayStation 5 dan Xbox Series X/S, sejumlah detail penting terkait kedua console next-gen tersebut mulai terbongkar. Pada kesempatan ini kita akan membongkar seberapa besar kapasitas penyimpanan yang dimiliki masing-masing console. Apakah yang diiklankan oleh Sony dan Microsoft tentang produk mereka benar adanya? Mari kita cari tahu...

Kapasitas Storage PS5

Pertama kita bahas dari PS5. Kabar yang beredar, PlayStation 5, baik versi standar maupun versi Digital Edition yang tidak dilengkapi optical drive, dibekali dengan SSD berkecepatan tinggi dengan kapasitas 825 GB. Namun ternyata, kapasitas yang tersedia yang bisa kita isi dengan game jauh di bawah itu.

Bocoran dari seorang leaker ternama, menunjukkan kalau unit review PS5 yang ia terima hanya memiliki ruang penyimpanan kosong 667 GB saja. Kemungkinan besar, 158 GB sisanya dipakai untuk sistem operasi, serta fungsi caching guna mewujudkan semacam fitur quick resume seperti yang ditawarkan oleh Xbox Series X/S.

Kemungkinan untuk meningkatkan storage-nya tentu bisa, namun tidak semudah menancapkan hard disk eksternal begitu saja seperti pada PS4. Ini karena PS5 menggunakan SSD berkecepatan tinggi, spesifiknya yang memanfaatkan teknologi PCIe 4.0 dengan kecepatan transfer data maksimum 5,5 GB per detik. Itu sebabnya kita memerlukan storage tambahan yang setidaknya sama cepatnya.

Kapasitas Storabe Xbox Series X

Tidak berbeda dengan console besutan Microsoft, dari kapasitas 1 TB yang diiklankan, pengguna hanya mempunyai akses ke 802 GB pada Xbox Series X. Ini berdasarkan pengalaman hands-on IGN. Sisa hampir 200 GB itu pun juga dipakai untuk sistem operasi sekaligus fungsi caching.

Xbox Series S pun juga demikian. Dari kapasitas total 512 GB, yang dapat dipakai untuk menyimpan game cuma sekitar 364 GB berdasarkan informasi yang tersebar di Reddit. Kedengarannya terlampau kecil memang, tapi perlu dicatat bahwa ukuran game untuk Series S diperkirakan 30% lebih kecil daripada game yang sama di Series X karena hanya berjalan di resolusi 1440p.

Untuk ekspansinya, baik Xbox Series X dan Series S sama-sama mengandalkan semacam cartridge khusus yang bisa dijejalkan melalui panel belakangnya. Cartridge tersebut tidak murah, dan sejauh ini baru tersedia dari Seagate dengan harga $220 untuk kapasitas 1 TB, hampir seharga Xbox Series S itu sendiri.