Tanggapan KPAI Soal Sekolah Tatap Muka Januari 2021

Mendikbud Nadiem Makarim mengumumkan, pemerintah mengizinkan kegiatan belajar mengajar kembali dilakukan di kelas mulai Januari 2021. Lalu bagaimana tanggapan KPAI soal ini?

Tanggapan KPAI Soal Sekolah Tatap Muka Januari 2021
Sekolah Protokol Kesehatan

Mengenai kebijakan pemerintah yang akan memulai kegiatan sekolah secara tatap muka mulai 2021, KPAI mengkonfirmasi bahwa mereka mendukung rencana ini. Namun dengan beberapa catatan.

Koreksi datang dari KPAI terkait kebijakan pemerintah yang menyerahkan pengaturannya kepada pemerintah daerah. Pembukaan kembali sekolah ini akan diserahkan kepada pemerintah daerah (pemda). Alasannya, pemerintah daerah yang lebih memahami kondisi di lapangan.

Meski mendukung rencana pembukaan sekolah, Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti memberikan sejumlah catatan.

Ia menilai pembukaan sekolah seharusnya tak hanya dipasrahkan ke pemda. Sebab, jika tetap seperti itu, Retno menilai pemerintah pusat seakan lepas tanggung jawab.

"Menyerahkan kepada Pemerintah Daerah tanpa berbekal pemetaan daerah dan sekolah yang dapat dikategorikan siap dan belum siap, menurut saya bentuk lepas tanggungjawab," kata Retno dalam keterangan resminya, Jumat (20/11/2020).

"Seharusnya bukan diserahkan ke Pemda, akan tetapi dibangun sistem informasi, komunikasi, koordinasi, dan pengaduan yang terancana baik sehingga pemerintah pusat dan pemerintah daerah dapat bersinergi melakukan persiapan buka sekolah dengan infrastruktur dan protokol kesehatan/SOP adaptasi kebiasaan baru (AKB) di sekolah," lanjutnya.