Ini Tujuan Tesla Beli Bitocin Senilai 21 Triliun

Perusahaan mobil listrik asal Amerika Serikat, Tesla mengumumkan telah membeli bitcoin senilai 1,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp. 21 triliun pada Senin (9/2/2021). Apa tujuan Tesla membeli bitcoin?

Ini Tujuan Tesla Beli Bitocin Senilai 21 Triliun
Tesla

Dalam dokumen yang diajukan kepada Komisi Sekuritas dan Perdagangan AS (SEC), Tesla mengatakan bahwa pembelian mata uang kripto tersebut dilakukan untuk mendorong diversifikasi pembayaran.

Selain itu, dalam dokumen pengajuan tersebut Tesla juga mengatakan bahwa mata uang kripto ini merupakan aset digital yang akan dimiliki perusahaan dalam jangka panjang.

"Perusahaan melakukan pembelian Bitcoin untuk lebih banyak fleksibilitas untuk mendiversifikasi dan memaksimalkan pengembalian uang tunai kami (Tesla)," tulis Tesla.

Selain itu, Tesla juga mengatakan bahwa perusahaan akan mulai menerima mata uang kripto sebagai bentuk pembayaran.

Jika benar direalisasikan, maka perusahaan yang dipimpin Elon Musk ini akan menjadi produsen mobil pertama yang menerapkan metode pembayaan tersebut.

"Selain itu, kami berharap untuk mulai menerima bitcoin sebagai bentuk pembayaran untuk produk kami dalam waktu dekat, tunduk pada hukum yang berlaku," lanjut Tesla.

Langkah tersebut juga mendorong kenaikan harga bitcoin yang menyentuh angka 44.200 dollar AS (sekitar Rp 619 juta).

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari CNBC, Selasa (9/2/2021), harga saham Tesla pun turut terdongkar lebih dari 2 persen pada Senin lalu.