WhatsApp Tidak Gratis Lagi

Ya, WhatsApp Tidak Gratis Lagi! Facebook selaku pemilik WhatsApp akhirnya menyatakan akan menarik tarif untuk pengiriman pesan di WhatsApp. Lalu berapa biaya untuk menggunakan WhatsApp berbayar?

WhatsApp Tidak Gratis Lagi
WhatsApp

Selama ini, pebisnis kecil bisa menggunakan WhatsApp Business secara cuma-cuma untuk mengembangkan bisnisnya. Namun dalam waktu dekat, keleluasaan itu akan hilang.

Ya, hal ini menyusul keputusan Facebook untuk tidak lagi menggratiskan WhatsApp. Mengutip CNBC International, Jumat (23/10/2020), keputusan ini merupakan salah satu rencana Facebook yang memang selama ini terus memutar otak untuk mendapatkan penghasilan dari WhatsApp, setelah mengakuisisi aplikasi perpesanan tersebut pada 2014 senilai US$16 miliar.

Meski begitu, layanan yang ditarik tarif bukanlah WhatsApp personal yang kini digunakan miliaran orang di seluruh dunia, melainkan WhatsApp Business. Facebook mengatakan akan menagih sejumlah biaya kepada pengusaha untuk beberapa layanan obrolan WhatsApp Business.

Sebenarnya, WhatsApp telah mengenakan biaya untuk beberapa pesan tertentu sejak Juni 2019 lalu, misalnya saja pesan template. Biaya yang dipatok per pesan yang terkirim berbeda-beda, tergantung volume pesan yang dikirim ke pelanggan.

Untuk 250 pesan pertama, biayanya Rp 339, untuk 750 pesan berikutnya harganya Rp 334, dua juta pesan berikutnya dikenakan biaya Rp 330, dan seterusnya hingga yang paling banyak 25 juta persan berikutnya dengan harga Rp 285. Informasi lengkap soal harga bisa dilihat di tautan berikut ini.